Skip to content

Tips dan Trik Menghemat Kertas Di Tempat Kerja

Kertas merupakan salah satu perlengkapan yang sangat penting dalam kehidupan sehari hari. Dikarenakan banyak orang yang menggunakan kertas, maka sampah kertas pun juga semakin banyak. Oleh karena itu, pemerintah telah menerapkan sejumlah program untuk menanggulangi sampah kertas. Tapi, daripada kita menghasilkan sampah, lebih baik kita menghemat penggunaan kertas apalagi saat ini kita memasuki era paperless.

  • 1 Batang pohon (kayu) menghasilkan 16 rim kertas
  • 1 Batang pohon dapat menghasilkan oksigen yang dibutuhkan untuk 3 orang bernapas
  • Untuk memproduksi 1 ton kertas, dibutuhkan 3 ton kayu dan 98 ton bahan baku lainnya Setiap jam, dunia kehilangan 1.732,5 hektar hutan karena ditebang untuk menjadi bahan baku kertas Industri Kertas diseluruh dunia menggunakan 35% dari seluruh panen kayu komersial setiap tahun
  • Untuk memproduksi 3 lembar kertas dibutuhkan 1 liter air
  • Untuk memproduksi 1 Kilogram kertas dibutuhkan 324 liter air (environment Canada)95% kertas dibuat dari bahan serat kayuUntuk memproduksi 1 ton kertas, dihasilkan gas karbondioksida (CO2) sebanyak kurang lebih 2,6 ton atau sama dengan emisi gas buang yang dihasilkan oleh mobil selama 6 bulan.
  • Untuk memproduksi 1 ton kertas, dihasilkan kurang lebih 72.200 liter limbah cair dan 1 ton limbah padatIndustri kertas adalah pemakai energi bahan bakar ke-3 terbesar di dunia (American Forest and Paper Association)
  • Dulu kertas hanya digunakan untuk menulis, sekarang industri Packaging menggunakan 41% dari seluruh penggunaan kertas
  • Mendaur ulang 54 kg kertas menyelamatkan 1 batang pohon (government of Canada)
    -Mendaur ulang 1 ton kertas menyelamatkan kira-kira 17 batang pohon (Purdue Research Foundation and US Environmental Protection Agency, 1996)
    -Mendaur ulang kertas menggunakan 60% energi yang lebih sedikit dibandingkan membuat kertas dari batang pohon
    -Mendaur ulang 1 ton kertas dapat menghemat 682.5 galon bahan bakar dan 7000 galon air dan 4000 kwh listrik (Onondaga Resource Recovery Center)
    -30%-40% kertas yang dibuang adalah kertas Packaging atau kemasan (The Recycler’s Handbook, 1990)
    -Saat kertas membusuk atau menjadi kompos akan menghasilkan gas Metana yang 25 kali lebih berbahaya dari CO2 (International Institute for Environment and Development, 1971)

Bagaimana cara menghemat kertas? berikut tips dan trick yang bisa di coba:

Untuk dokumen yang bersifat draft atau tidak terlalu penting, cetaklah dua sisi. Ini akan menghemat kertas, karena jika anda mencetaknya di satu sisi anda butuh 100 lembar, maka dengan mencetaknya di dua sisi maka anda hanya akan membutuhkan 50 lembar kertas saja.

Jangan buru-buru membuang kertas bekas anda, coba lihat barangkali ada sisi yang masih kosong. Gunakan sisi kertas yang masih kosong itu untuk menulis draft atau catatan memo anda. Anda juga bisa membendel kertas bekas tersebut untuk buku kecil (notebook) yang bisa anda bawa untuk catatan selama travelling.

Perkecil margin dokumen anda atau perkecil hurufnya sehingga akan lebih banyak memuat huruf dalam satu halamannya. Gunakan font Times New Roman atau Arial., karena jenis font ini menggunakan ruang yang lebih sedikit dibanding font lainnya.

Untuk surat menyurat yang tidak terlalu penting dan tidak butuh bukti fisik berupa print surat, cukup gunakan email. Untuk komunikasi internal antar kantor cabang/perwakilan, biasakan gunakan email, tidak perlu surat menyurat dengan mencetak kertas. Menggunakan email akan menghemat kertas dan juga biaya, karena anda tidak perlu membayar biaya pos pengiriman surat. Undangan diskusi atau seminar juga lebih efektif dan hemat jika menggunakan email.

Untuk dokumen atau laporan bulanan tidak harus slelau dicetak, cukup dalam bentuk digital dan disimpan secara sitematis di computer anda. Pengiriman laporan juga cukup via email saja. Jika memang anda benar-benar membutuhkan untuk me-ngeprint dokumen tersebut, maka anad bisa mencetak dokumen tersebut. Tidak semua dokumen perlu dicetak bukan? Cukup simpan saja file-nya di computer anda dan pastikan anda punyaback up-nya di tempat lain misalnya di flash disc, disc atau external hard disc untuk jaga-jaga jika file di computer utama anda error.

Jika anda hobby fotografi atau ingin mendokumentasikan sebuah momen dengan kamera foto, gunakan kamera digital. Simpan foto-foto hasil jepretan anda di computer secara sistematis. Jika anda ingin mencetak foto tersebut, pilih mana foto yang memang benar-benar anda inginkan untuk dicetak.

Bila menyelenggarakan sebuah seminar atau workshop, anda tidak perlu membagikan buku notes. Kebanyakan orang yang mau menghadiri sebuah seminar atau workshop itu sudah punya buku catatan sendiri, apalagi untuk orang yang memang sudah professional. Dengan tidak membagikan buku notes ke peserta seminar anda akan hemat kertas dan juga hemat biaya. Untuk dokumen yang yang akan dibahas dalam sebuah seminar/workshop, anda bisa mengirimkannya via email bersama undangan seminar tersebut, dengan demikian peserta punya waktu untuk mempelajarai materi seminar tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *